Selasa, Februari 14, 2012

Sejarah UPM

Sejarah kelahiran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panca Marga (FISIP UPM) Probolinggo tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya Universitas Panca Marga itu sendiri. Saat mengawali aktifitasnya pada tanggal 2 Mei 1984, Universitas Panca Marga Probolinggo membuka 5 (lima) fakultas. Yaitu:
a. Fakultas Pertanian (Prodi Budidaya Pertanian)
b. Fakultas Hukum (Prodi Hukum Perdata)
c. Fakultas ISIP (Prodi Ilmu Administrasi Negara)
d. Fakultas KIP (Prodi Ilmu Pengetahuan Sosial)
e. Fakultas Teknik (Prodi Teknik & Manajemen Industri)
Lima fakultas tersebut mendapat status terdaftar sesuai dengan SK Mendikbud RI Nomor 039510/1986 tanggal 23 Mei 1986. Pada saat itu, mahasiswa FISIP didominasi oleh kalangan PNS instansi pemerintahan setempat dan proses belajar mengajarnya digelar di Markas LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kabupaten/ Kota Probolinggo. Gedung ini berlokasi di Jl. Dr. Soetomo 48 Probolinggo yang saat ini telah beralih fungsi menjadi GOR A. Yani. Kegiatan pembelajaran baru berpindah ke kampus baru di Jl. Yos Sudarso 107 pada bulan Agustus 1990.
Selanjutnya, Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UPM mendapatkan legalitas lebih kuat setelah diterbitkannya SK Dirjen Dikti Nomor 275/Dikti/Kep/1993 tanggal 10 Mei 1993 tentang Pendirian Program Studi. Di sisi lain, guna memenuhi tuntutan publik untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, maka secara berkala FISIP UPM mengikutsertakan prodi-nya untuk diaudit oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Negara Perguruan Tinggi). Yang terbaru, Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UPM Probolinggo mendapatkan predikat Terakreditasi B, sebagaimana tertuang dalam SK BAN-PT Nomor 061/BAN-PT/AK-X/SI/VIII/2007.
Saat ini, mahasiswa FISIP tidak lagi didominasi oleh para PNS. Mayoritas mahasiswa sekarang merupakan fresh graduate yang hadir untuk menuntut ilmu bukan karena tuntutan karier semata. Tapi didorong oleh motivasi murni untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi diri. Melihat realitas ini, FISIP UPM tentu terus melakukan penyempurnaan segala lini layanan akademik. Persis seperti yang sedang giat dilakukan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar